Bolehkah mengeluh? ^_^

14 Mar 2013

cf857aa405c4ccf87c49ae76438ee6fe_keluh

Zemangat berbahagia sahabat-sahabat yang baik hati. Mohon maaf, lama sekali uni tidak berkunjung ke rumah-rumah sahabat semua. Pekerjaan di kantor semakin padat, ditambah harus membantu mensupport data pekerjaan program baru untuk teman satu ruangan. Jadi waktu istirahat lebih sering habis untuk menyegarkan pikiran. ^_^

Seperti judul postingan di atas, menurutmu sahabat, boleh tidak kita mengeluh?

Jawabnya pasti sangat beragam. Boleh juga sahabat share alasannya di kolom komentar ya ^_^

Fakta yang ada, yang bisa kita lihat melalui jejaring sosial, baik itu melalui fb, twitter, blog, setiap hari di jejaring sosial selalu saja ada keluhan. Bahkan dalam jumlah yang sangat banyak. Padahal tidak semua orang, bisa atau sanggup mencerna setiap keluhan dengan pikiran yang jernih.

Kita bisa jadi menjadi semacam mesin pengeluh yang bekerja tanpa ada batas. Mengerikan. Bahkan bisa jadi di dalam mimpi sekalipun, kita masih bisa berkeluh kesah.

ef8583d22118f8aeab288bcc1a8400bf_quote-be-thankful-for-life

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat pelajaran indah yang disampaikan oleh Guru saya, inti dari pembelajarannya seperti ini:
“belajarlah mengeluh pada tempatnya”

Mengeluh sebenarnya tidak diharamkan, bahkan harus dilakukan, tapi harus di tempatkan pada tempat yang semestinya. Contoh kasus, saat kita sakit, kemudian pergi ke dokter. Kita sudah seharusnya mengeluhkan segala rasa sakit yang kita rasakan, agar sang dokter dapat membantu mengatasi sakit yang dirasakan.

Mengeluh hal yang paling mudah di lakukan, bahkan terlalu akrab di kehidupan kita sehari-sehari. Sahabat, yuk mari kita belajar lebih bijak. Lebih bijak untuk mengleluhkan sesuatu. Mari mengeluh pada tempat yang seharusnya. Mari mengeluh dengan porsi yang sesuai, dan jangan terlalu di lebih-lebihkan. Tidak mudah pada awalnya. Tapi jika sudah terbiasa bijak dalam mengeluh, suatu saat keluhan itu tidak bisa disebut keluhan lagi, ia bisa menjelma menjadi solusi cerdas dalam menyikapi berbagai masalah yang menerpa.

Sahabat, salam bahagia
semoga diberikan berbagai kemudahan oleh Sang Maha Cinta, amin. ^_^

Image di ambil dari:
sini, sini dan dari sini.

19c72f4a97e2ea13b6bf3cfa1a629884_give-thanks


TAGS keluh adil bersyukur


-

Author

Seseorang yg punya banyak mimpi, tertarik dengan berbagai hal baru, senang belajar, hobi nonton.

Follow Me

Search

Recent Post